Skip to main content

Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink Dofollow Dan Nofollow

Jika anda sedang mencari tahu mengenai perbedaan backlink dofollow dan nofollow maka anda sudah menemukannya pada artikel ini . Link adalah sejumlah kata yang saling berhubungan dengan fungsi untuk saling mengaitkan halaman demi halaman antara satu dan lainnya . Link atau biasa juga disebut sebagai alamat Url akan saling menghubungkan halaman website yang satu ke website lainnya ketika kedua website ini saling menempatkan link dari website 1 menuju ke website 2 dan sebaliknya Dengan begitu terciptalah bahasa yang disebut sebagai Backlink .

Backlink tercipta ketika 2 buah website saling berhubungan dimana halaman website 1 memasang link yang merujuk ke website 2 , begitupula sebaliknya . Jika website A memasang link menuju ke website B maka istilah untuk website A adalah externel link , Namun jika pemilik website menghubungkan halaman ke dalam blog itu sendiri disebut sebagai Internal link .
Penjelasan Lengkap Mengenai Backlink Dofollow Dan Nofollow

Ada 2 jenis link yang berbeda yaitu link dofollow yang artinya ( Lakukan Dan Ikuti ) dan link nofollow yang artinya ( Jangan ikuti ) .  Kedua link tersebut dibuat ketika pemilik website ingin menghubungkan halaman web satu ke web lainnya,  atau masing masing halaman dalam web itu sendiri memiliki hubungan yang sangat relevansi .

Sedangkan standaritas untuk penulisan link dofollow dan nofollow sebagai berikut:

<a href='http://www.omblogging.com/' rel='dofollow'>contoh link</a>
atau
<a href='http://www.omblogging.com/' rel='nofollow'>contoh link</a>

Dua jenis penulisan link diatas akan memiliki fungsi yang sama dimana ketika seseorang melakukan klik pada kalimat ( omblogging ) Maka akan diarahkan menuju ke blog omblogging . Namun, ada dua hal yang membedakan walaupun fungsinya sama yaitu link yang berwarna biru adalah link dofollow sedangkan yang berwarna merah adalah nofollow .

Mari kita cermati apa saja perbedaan ke dua link ini.

Apa Itu Dofollow Link Dan Nofollow Link ??

Algoritma google berhitung dan menilai link dari sebuah website yang nantinya akan memiliki peringkat yang baik ketika sebuah halaman dari website tersebut sering muncul di halaman pertama google . Ini berarti halaman tersebut memiiki otorisasi yang baik sehingga google memberikan sebuah poin yang biasa juga disebut sebagai Google page rank . ketika page rank website tersebut sudah baik maka kesempatan untuk mendapatkan trafik yang besar dan berlimpah juga akan ada . semua itu terjadi karena website tersebut memiliki nilai baik dimata google. Halaman tersebut semakin meningkat karena web tersebut memilki poin link yang sudah dibahas tadi yaitu dofollow dan nofollow.

Kedua link antara nofollow dan dofollow memiliki kriteria untuk menjadi baik dimata google . Kedua link tersebut memiliki poin poin tersendiri sehingga nantinya akan dianggap baik dimata google. Berikut penjelasannya .

1- Backlink Dofollow

Ketika google dengan algoritmanya menghitung seberapa baik sebuah halaman akan ditelusuri terlebih dulu mengenai link yang merujuk ke website tersebut . Kualitas backlink pun akan diperhitungkan dengan bijak sehingga menciptakan sebuah hasil poin yang akan diberikan kepada website tersebut . Backlink dihitung berdasarkan typenya, Jika backlink tersebut adalah jenis backlink dofollow maka tentu akan berdampak sangat baik bagi pemilik website .  

Mengapa link dofollow dianggap baik ??Sebab backlink dofollow adalah sebuah link konstant dimana ketika link website anda dirujuk melalui sebuah website yang berstatus dofollow maka semua relevansi dari halaman yang ada dalam website tersebut juga akan memberikan nilai rujukan ke website anda. Itulah mengapa para backlink maker suka berburu dengan backlink dofollow .

2-  Backlink Nofollow

Sedangkan jika backlink tersebut jenisnya backlink nofollow, maka status link tersebut tidak akan dianggap sebagai sesuatu yang bisa memberikan poin . Kenapa ini terjadi ? karena sudah dijelaskan tadi bahwa nofollow= Tidak mengikuti .Yang secara keseluruhan diartikan link tersebut hanya sebagai link rujukan saja namun tidak memberikan sebuah pengaruh relevansi atau tidaknya sebuah halaman untuk memberikan hubungan dengan halaman lain atau website lain.

Namun bukan berarti link nofollow tidak memiliki peluang untuk diberikan nilai yang baik sebab ketika sebuah halaman yang menceritakan sebuah pengalaman lalu kemudian mengoper link yang relevansinya kuat maka juga akan dianggap sebagai sebuah halaman yang berotoritas. Misalnya , jika anda membuat sebuah artikel mengenai google adsense lalu anda membuat sebuah link menuju ke website google adsense .

Mana Yang Lebih Baik Backlink Dofollow Atau Nofollow  ??


Seperti yang dijelaskan tadi bahwa backlink dofollow tetap menjadi backlink yang baik ketika halaman lain ingin mendapatkan rujukan secara keseluruhan dari laman lainnya namun bukan berarti link nofollow tidak mempunyai sebuah kualitas.

Kualitas sebuah link nofollow justru akan semakin meningkat ketika anda membuat sebuah laman lalu memberikan link yang mengarah ke website lain . Siapa yang diuntungkan disini ? Tentu sipemilik website yang membuat laman tersebutlah yang mendapat keuntungan.
 Bukan link yang diarahkan .

Oleh karena itu, kedua jenis backlink ini tetap harus saling digunakan, baik untuk berburu backlink ataupun membangun link building dalam mode internal link . Google akan menganggap website yang anda miliki adalah website natural karena anda menggunakan kedua cara tersebut bukan hanya sekedar mnjadi penadah tapi juga pemberi sebuah link. oleh karena itu backlink nofollow dan dofollow harus anda gunakan .

Mengapa Banyak Blog Yang Menggunakan Link Nofollow Dibanding Dofollow ??


Alasan bisa saja berbeda beda dari pengetahuan masing masing individu. Ada yang membuat websitenya terstruktur secara nofollow dan juga dofollow . Namun tidak banyak yang menggunakan dofollow . Mengapa kebanyakan nofollow ?

... Mari kita telusuri secara singkat

Jika anda kembali membaca isi artikel ini, pada bagian atas saya sebutkan mengenai link building . Link building bukan hanya bisa diciptakan melalui berburu backlink antara website ke website namun juga bisa dibuat secara menyeluruh didalam website itu sendiri ( internal link )

Mereka menggunakan dofollow - Sebab mereka mau mengaitkan RELEVANSI artikel demi artikel didalam website itu sendiri . Biasanya, yang menggunakan strategi internal link ber dofollow adalah website/blog dengan niche tunggal , Mereka terapkan seperti ini karena mereka mau relevansi antara atikel semakin kuat di seacrh engine dan terbukti website dengan banyak backlink dofollow akan mendapatkan peringkat google secara signifikan.

Mereka menggunakan Nofollow - Mereka yang menggunakan rel nofollow adalah mereka yang mengejar target website dianggap sebagai web natural oleh google. walaupun proses peningkatan rangking terhitung lama namun nofollow terbukti jauh dari ancaman penalty google .

Lalu Berburu Backlink Mana Yang Bagus ??

Menurut saya bangunlah link building yang natural, artinya jangan hanya berburu backlink yang statusnya dofollow saja, untuk mendapatkan perhatian dan dianggap sebagai pemilik website yang mencari link secara natural maka lakukan lah mencari link dengan kedua jenis tersebut . lakukan secara alami dan hindari tindakan spam .

Comments

Popular posts from this blog

Alat Penghitung Kata Secara Online Untuk Menghitung Karakter Artikel

Alat Penghitung Kata Secara Online Untuk Menghitung Karakter Artikel - Kali ini saya menyediakan bagi anda sebuah alat canggih yang bisa anda gunakan dengan mudah . Tools Ini diberi nama character counter atau bahasa indonesianya penghitung karakter . Keunggulan tools ini yakni anda bisa dengan mudah menghitung jumlah kata yang sudah anda ketikkan pada artikel yang sudah anda buat . Biasanya, para pakar seo menghitung terlebih dulu jumlah kata artikel yang mereka buat dan memastikan kalau jumlah karakternya sudah diatas 1200 kata . Mengingat bahwa semakin banyak karakter semakin bagus kualitas artikel tersebut .

Hal tersebut memang benar karena ketika anda menciptakan banyak karakter dalam satu artikel atau artikel anda panjang maka akan ada banyak keyword yang bisa anda gunakan. namun anda sebagai pemula harus tahu persis bagaimana menggunakan keyword. jangan karna anda mengejar artikel anda buat semakin panjang lalu kemudian menghambur kata kunci asal- asalan .


Akibat menggunakan ke…

Css Minifier Alat Kompres Script Css Yang Bisa Membuat Template Jadi Ringan

Css Minifier Alat Kompres Script Css Yang Bisa Membuat Template Jadi Ringan - Kali ini Seo Handal Akan berbagi mengenai sebuah alat kompres khusus buat script Css . Namun Sebelumnya mari kita pahami dulu apa itu CSS ,

CSS adalah singkatan dari kalimat Cascading Style Sheet. yaitu sebuah kode pemrograman yang ditujukan sebagai script pelengkap dari html code tujuannya seperti untuk lebih mudah mengatur ukuran , atau gaya tampilan/layout halaman web agar kelihatan lebih menarik. Kode CSS Termasuk sebuah script teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996.

Nah, setelah mengenal apa itu css maka anda sudah bisa paham mengapa script css itu sangat penting untuk sebuah website maupun sebuah blog . karena begitu pentingnya sehingga kode css akan selalu ada pada sebuah template, Namun sayangnya, ketika anda menggunakan banyak css dalam sebuah template bukannya menjadikan template anda menjadi ringan melainkan menjadi beban bagi template anda…